04 October 2017

Resep Plecing Kangkung Khas Bali Dan Lombok

-

Resep Plecing Kangkung Khas Bali Dan Lombok


Resep Dan Cara Membuat Plecing Kangkung
Resep Membuat Plecing Kangkung

Resep Masakan - Resep Dan Cara Membuat Plecing Kangkung. Plecing Kangkung adalah salah satu kuliner khas Pulau Bali dan Lombok yang digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Plecing kangkung dibuat dari kangkung yang direbus dan disiram dengan sambal tomat. Menu berbahan utama kangkung ini merupakan hidangan yang sangat mudah diterima oleh semua “lidah”. Biasanya, di Bali Plecing kangkung disajikan berdampingan dengan Ayam Taliwang. 

Kangkung Lombok memang berbeda dengan kangkung lainnya. Kangkung Lombok merupakan tanaman kangkung air, dibudidayakan di sungai yang mengalir, yang menghasilkan kangkung dengan batang yang besar dan renyah serta teksturnya pun lebih lembut. Tetap hijau meski direbus hingga matang.

Perbedaan dan ciri khas inilah yang menjadikan kangkung air ini istimewa ketika diolah menjadi  Plecing Kangkung atau menu kangkung lainnya.

Namun untuk menikmati seporsi plecing kangkung khas Lombok, Anda tak perlu jauh-jauh ke pergi ke Bali atau Lombok, karena kami menyajikan resep plecing kangkung bagi Anda. Dengan teknik memasak khusus, kangkung biasa pun dapat dibuat tetap hijau meski sudah direbus.


Bahan - Bahan Plecing Kangkung Khas Bali:

Bahan:
2 ikat kangkung, cuci bersih
3 sdm minyak goreng
1 bh jeruk limau
1 sdt garam
½ sdt gula pasir

Bumbu halus :
5 buah cabai merah besar
3 buah cabai rawit
3 siung bawang merah
2 siung, bawang putih.
1 buah tomat 
1 sendok teh terasi bakar.


Cara Membuat Plecing Kangkung Khas Bali

Didihkan air 
Rebus kangkung dalam air yang telah ditambahkan 1 sendok teh garam. (ini bertujuan supaya hijau kangkung tidak berubah menjadi coklat).
Potong-potong kangkung sesuai selera dan sisihkan
Tumis bumbu halus sampai matang dan wangi
Aduk sampai semua bumbu tercampur rata
Tambahkan gula, garam dan tes rasa.
Tuangkan sambal plecing di atas kangkung rebus
tambahkan perasan jeruk limau 
Plecing kangkung khas Bali siap disajikan.

Resep Membuat Plecing Kangkung
Resep Membuat Plecing Kangkung


Plecing Kangkung Khas Lombok

Untuk plecing kangkung khas Lombok,  pada dasarnya sama dengan Plecing khas Bali. Perbedaannya terletak pada tambahan sayurannya yaitu taoge yang diseduh dengan air panas  dan penambahan kencur dalam bumbu halusnya. Taoge ditata bersama kangkung rebus dalam penyajiannya. Kangkung rebus dalam plecing kangkung Lombok pun dibiarkan utuh, panjang.

Menu sayuran sehat ini, di Bali dan Lombok menjadi menu favorit para wisatawan. Nah, tak perlu menugggu harus ke Bali atau ke Lombok dulu untuk merasakan nikmat dan segarnya  plecing kangkung ini, Bunda. 

Demikian Resep dan Cara Membuat Plecing Kangkung khas Bali dan Lombok  yang enak dan segar.  Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Tetap nantikan kehadiran kami dengan rsep-resep baru lainnya hanya di kuliner resepi .