30 November 2018

Resep Nugget Sayur Enak Dan Sehat

-

Resep Nugget Sayur Enak Dan Sehat

Resep Nugget Sayur
Resep Nugget Sayur


Resep Masakan ---- Resep Nugget Sayur Enak Dan Sehat Serta tips membuat nugget agar renyah.

Pada awalnya nugget dikenal hanya sebagai nugget ayam, namun belakangan ini ada banyak sekali jenis nugget yang ada di pasaran. Nugget ayam, nugget ikan, dan nugget sayur. Bunda bisa menghidangkan nugget sayur ini untuk mengakali anak-anak yang tidak suka makan sayur. Anak mana sih yang akan menolak dikasih camilan nugget, dengan tekstur kulit luar yang crunchy dan gurih? Dijamin, anak-anak yang gak doyan sayur pun, bakalan suka. 

Membuat nugget sendiri memang lebih repot, tetapi faktor kesehatan barangkali bisa menjadi alasan untuk mencobanya. Porsi resep memang cukup banyak sehingga dapat menjadi persediaan yang bisa digunakan untuk bekal si kecil ke sekolah. Di bawah ini adalah persiapan bahan dan bumbu nugget sayur yang dibutuhkan :


Bahan:


500 gr dada ayam fillet
50 ml air
100 gr brokoli, cincang halus
100 gr wortel, cincang halus
100 gr jagung manis serut
100 gr tepung terigu
2 buah telur
1 sdt garam
1 sdt penyedap jamur
1 sdt merica
-
Bahan celupan:
100 gr terigu
100 ml air
200 gr tepung panir

Cara Membuat Nugget Sayur enak dan sehat\:


1. Masukkan daging ayam ke dalam blender, bersama dengan telur, garam, gula, penyedap jamur dan merica. Aduk hingga halus merata.
2. Campurkan adonan ayam dengan brokoli, wortel dan jagung dan terigu. Aduk hingga merata dalam mangkuk besar.
3. Masukkan adonan ke dalam loyang beralaskan kertas roti, kemudian kukus selama 10 menit, angkat kemudian potong sesuai selera.
4. Celupkan ke bahan pencelup dan taburi dengan tepung panir. 
5. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan.
5. Tiriskan dan sajikan.

Baca Resep lainnya:

Resep Ayam Goreng Bumbu Lengkuas

Resep Ayam Goreng Lado Mudo (Cabe Ijo) Khas Padang

Resep Cara Membuat Soto Ayam Lamongan Asli


Tips membuat nugget sayur


Daging ayam filler utuh saat dihaluskan jangan ditambah air ya. Lebih bagus menggunakan food processor atau blender yang buat bumbu.

Ukuran adonan jangan terlalu tebal saat memasukkan di loyang dan akan dikukus. Supaya saat digoreng nanti matangnya merata.

Saat mengukus adonan resep nugget sayur nya jangan lupa panci kukusan di atasnya diberi selembar kain ya. Hal ini mencegah tetesan air dari uap kukusan dan supaya adonannya nanti tidak terlalu lembek.

Loyang yang dipakai harus dialasi kertas minyak atau roti ya supaya mudah saat akan mengeluarkannya nanti. Di atasnya lebih bagus diolesi kembali dengan sedikit minyak goreng baru supaya nanti tidak menempel dan kertasnya ikut terambil.

Proses pembentukan kulit luar bisa 1 atau 2 kali. Kalau ingin lebih cruncy dan krispi, sebaiknya adonan nugget dibalut dengan tepung panir sebanyak 2 kali.

Sayuran wortel sebaiknya diparut supaya mudah saat dipotong-potong nantinya.

Untuk yang suka brokoli, sebaiknya brokolinya dikukus dahulu setengah matang supaya tidak terlalu bau

.
Kalau mau disimpan di frezer, nugget sebaiknya di tata dengan rapi di wadah tertutup. Jangan sampai nempel ya. Soalnya nugget disini kan masih belum beku, jadi masih gampang terkelupas kulit luarnya.

Itulah resep Nugget Sayur Enak Dan Sehat besera tips membuat nugget sayur.
selamat mencoba.