08 September 2019

Resep Kue Talam Labu Kuning yang Lembut dan Enak

-

Resep Kue Talam Labu Kuning yang Lembut dan Enak

Resep Kue Talam Labu Kuning yang Lembut dan Enak
Resep Kue Talam Labu Kuning yang Lembut dan Enak

Resep Masakan ---- Hai Bunda, jumpa lagi di resep baru. Kali ini saya mau berbagi resep kue talam labu kuning yang lembut dan enak. Kue Talam merupakan panganan zaman dulu yang sekarang sudah jarang kita temui ya. Waktu saya kecil, kue talam masih bisa ditemui di pasar tradisional, tapi sekarang keberadaan kue talam sudah dikalahkan oleh jajanan jaman now ya Bun. Anak-anak sekarang kalau nggak dikenalkan panganan zaman dulu, mereka nggak bakal nyicipin nikmatnya kue ini.

Kue talam sebenarnya banyak varian ya, ada yang dari singkong, ubi jalar dan ada juga kue talam labu kuning. Kali ini saya kangen makan panganan jadul kue talam, dulu di kampung, setiap ke pasar, sering beli talam singkong, tapi di sini saya nggak pernah lihat di pasar tradisional yang menjual kue talam.  Berhubung tadi pagi di tukang sayur ada labu kuning yang sudah dipotong-potong, sepotong labu kuning dengan ketebalan seukuran 3 jari dijual 2 ribu,  saya eksekusi labu kuningnya menjadi kue talam. ahaa, pucuk dicinta ulam pun tiba. Hehe.  

Saya memakai resep Teh Ricke Indriani yang ditulis di blognya, dan hanya membuat setengah resepnya karena labu kuningnya cuma sedikit. Di resep ini Teh Ricke memakai gula pasir, sedangkan saya memakai gula halus karena kehabisan stok gula pasir sementara hasrat makan kue talam sudah lama dipendam, hehe.

Oke, cukup sekian curhatnya, kita langsung aja ke bahan-bahannya ya bun.


Bahan-bahan Kue Talam Labu Kuning


Lapisan Kuning (Lapisan Bawah)


500gr labu kuning
300 ml santan matang dengan kekentalan sedang 
175 gr gula pasir (saya pakai gula halus)
150 gr tepung tapioka
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanilli

Lapisan Putih (Lapisan Atas)

400 ml santan kental yang sudah dimasak
1/2 sdt garam
60 gr tepung beras
40 gr tepung tapioka
2 sdm gula
1/4 sdt vanilli 


Resep Lainnya:


Resep Es Milo Cake, Kue Kekinian yang Lagi Viral di Instagram


Cara Membuat Kue Talam Labu Kuning


Untuk Lapisan kuning

Blender labu dan setengah bagian santan sampai benar-benar lumat, lalu pindahkan ke wadah yang besar

Masukkan tepung tapioka, garam, gula dan vanili lalu diaduk rata dengan whisk. 

Setelah itu masukkan sisa santan tadi dan aduk rata hingga adonan licin.

Tuang adonannya ke cetakan yang sudah dioles minyak. saya menggunakan cetakan silikon karena gak ada cetakan kue talam. Tuang ke cetakan sampai 2/3 dari tinggi cetakan, lalu kukus 10 menit di kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk melapisi tutup kukusan dengan serbet dapur.

Untuk lapisan putih kita campur semua bahannya lalu aduk rata. Setelah itu tuang adonan putih diatas adonan kuning tadi. Kukus lagi sampai 10 menit hingga lapisan atasnya memadat. 

Setelah matang angkat dari kukusan, lalu biarkan sampai agak hangat. Setelah agak hangat lalu keluarkan kue talam dari cetakannya.

Taraa, kue talam labu kuning siap dinikmati dengan segelas teh hangat. 

Selamat mencoba ya Bunda.

Untuk lebih jelasnya Bunda bisa lihat di video di bawah ini yaa.



0 Comments

Post a Comment